Widget HTML #1

Tips dan Cara Belajar Menyukai Matematika


Tips dan Cara Belajar Menyukai Matematika
Tips dan Cara Belajar Menyukai Matematika
Matematika, Kata yang sebagian orang adalah kata horor, baik guru maupun mata pelajaran itu sendiri. Banyak yang langsung menyerah dalam Matematika. Banyak alasan yang diungkapkan salah satunyunya adalah Guru yang Killer alias guru yang tidak ramah dan pemarah. Tapi Jangan takut, artikel kali ini berisi Tips dan Cara Belajar Menyukai Matematika. Abaikan gurunya yang killer tapi sukailah mata pelajarannya. Meski sulit tapi cobalah untuk memulainya. Berani dan Siap Untuk memulainya?

Nah pada artikel kali ini yang berjudul Tips dan Cara Belajar Menyukai Matematika. Pada artikel ini akan  mengupas tips belajar  matematika yang akan membuat kalian menyukai atau bahkan jatuh cinta pada matematika. Sebenarnya tips ini bisa dipraktekkan pada semua mata pelajaran lain.

Berikut Tips dan Cara Belajar Menyukai Matematika yang Baik dan Benar :

1. Biasakan jangan hanya menghafal.
Menghafal itu penting dalam proses pembelajaran, namun kebiasaan yang hanya menghafal akan membuat kalian seperti burung beo yang bisa bicara tapi tidak mengerti apa yang dikatakannya. Salah satu kelebihan manusia dibandingkan makhluk-Nya yang lain adalah dibekalinya akal. Akal kita jauh lebih pinter daripada komputer.

Namun dalam hal menghafal kita kalah dengan komputer, karena komputer diciptakan hanya untuk fungsi itu sedangkan pikiran dan otak tidak hanya digunakan untuk menghafal saja, masih banyak yang lain.

Jadi mengubah dan menggeser sedikit cara dan teknik menghafal mungkin jauh lebih baik. Anda bisa menerapkan Tips dan Trik Cara Menghafal Cepat dan Tidak Mudah Lupa. Silahkan baca dan pahami artikel tersebut.

2. Mengerti dan fahami
Nah, ini penting, pahami dan mengerti semua konsep yang diajarkan oleh guru. Semua rumus atau formula itu tidak terjadi dengan sendirinya, tapi ada rangkaian proses yang menyertainya. Untuk itu pahami latar belakang yang menyebabkan lahirnya konsep atau rumus tersebut.

Kebiasaan ini akan membantu kalian dalam menghafalkan rumus-rumus sehingga tidak mudah lupa dan akan teringat sampai suatu saat kalian ditanya oleh anak-anak kalian kelak. Saat kalian menjadi guru matematika juga, melanjutkan perjuangan Guru matematika kalian yang saat ini terkenal Killer.

3. Ulang Materi di Kelas Sesampainya di Rumah
Sepulang sekolah ganti baju, makan dan lakukan aktivitas harian di rumah kalian. Namun jangan lupa sisakan/sempatkan sedikit waktu untuk membaca/mempelajari kembali materi yang disampaikan oleh guru disekolah. Karena ini bagian penting dalam mengikat rumus-rumus yang masuk di sekolah supaya tidak berloncatan ke sana-kemari saat berada di rumah.

4. Konsisten
Lebih baiknya banyak dan konsisten kan? Tuhan lebih menyukai perbuatan baik yang dilakukan secara konsisten/teratur dan terus menerus meskipun sedikit daripada banyak tapi hanya sekali atau tidak konsisten. Mungkin kalian pernah dengar istilah SKS (Sistem Kebut Semalam)? Hindari cara belajar yang begini. Belajarlah secara rutin dan terus menerus, jangan saat ada ulangan atau ujian saja.

5. Latih dengan Mengerjakan Soal-Soal Matematika
Jangan malas berlatih mengerjakan soal matematika. Berlatihlah terus-menerus dan berulang. Semakin banyak kalian berlatih membuat kalian banyak menemukan model soal dan pemecahannya. Pepatah Minang ini Pasa jalan Dek ditampuah, Lanca Kaji Dek Di ulang. Penasaran dengan artinya? Silahkan cari artinya di BlogMinangkabau.com ya. Sumber Referensi terpercaya Masalah Minangkabau.

6. Cari Referensi Terbaik
Janganlah hanya menjadikan bahan/materi guru dikelas sebagai satu-satunya referensi yang kalian miliki. Mintalah pada orang tua (mungkin dari simpanan uang jajan kalian) untuk membelikan buku pelajaran matematika yang relevan. Mungkin bagi kalian yang gemar berinternet ria, kalian bisa dapatkan artikel/tulisan tentang pelajaran matematika didunia maya. cari saja di mesin pencari seperti google materi apa/buku apa yang Anda kehendaki.

Referensi tersebut akan membantu kalian menambah wawasan dan pemahaman materi pelajaran.

7. Jangan Malu Bertanya
Malu bertanya sesat dijalan lo...jadi kalian jangan malu bertanya kepada orang yang lebih tahu tentang matematika, mungkin kakak kalian, bapak, ibu atau teman sekelas yang menurut kalian lebih mampu. Tidak ada salahnya juga kalian bertanya pada guru ketika pada saat belajar ada hal-hal yang menurut kalian tidak jelas.

Nah, selamat mencoba untuk mempraktekkan Tips dan Cara Belajar Menyukai Matematika, agar kalian tidak lagi takut pada pelajaran matematika tapi sebaliknya mulai belajar menyukai matematika. Sudah cukup jelas bukan. Silahkan share agar teman-teman kalian juga bisa menerapkan Tips dan Cara Belajar Menyukai Matematika ini ya. Salam