Skip to main content

follow us

Cara-Cara Unik Bermanfaat Yang Wajib Diterapkan Dalam Masa Orientasi Siswa Baru


Cara-Cara Unik Bermanfaat Yang Wajib Diterapkan Dalam Masa Orintasi Siswa Baru versi KoranSekolah.com. Sudah mulai tahun ajaran baru nih, Tahun ajaran baru biasanya populer dengan MOS atau masa orientasi siswa, atau Pengenalan Lingkungan Sekolah. Atau apalah apalah namanya yang lain. Yang penting kegiatan utama bagi murid baru ini adalah Pengenalan dengan lingkungan sekolah barunya. Mulai dari Lingkungan, Majelis Guru, Kakak Senior, Dan seluruh sesepuh di Organisasi kesiswaan paling keren di sekolah alias OSIS.

Nah, Masa Orientasi Siswa di Indonesia baik di Sekolah Umum atau sekolah swasta di Indonesia umumnya dari tahun ke tahun berbentuk ajang balas dwndam senior terhadap junior. Karena berbau ajang balas dendam maka MOS di Indonesia lebih bersifat seperti penyiksaan atau lebih kasarnya seperti arena ring tinju. Kesel gak tuh? Kesel kan?

Sebenarnya pemerintah sendiri telah memperbaiki sistem MOS ini dari masa ke masa. Namun tetap saja belum efisien. Di sini KoranSekolah.com mencoba untuk mengulas Ide MOS Terbarukan, Cara-Cara Unik Yang Wajib Diterapkan Dalam Masa Orintasi Siswa Baru. Ide yang akan dipaparkan di bawah ini adalah ide ringan yang menurut hemat KoranSekolah.com lebih bermanfaat daripada hanya sekedar bully, Pake kostum aneh-aneh, serta cara aneh lainnya yang telah membudaya di Masa Orientasi Siswa Baru yang ada di Seluruh badan dan jenjang pendidikan Indonesia. Apa saja Contoh Cara-Cara Unik Yang Bisa Diterapkan Dalam Masa Orintasi Siswa Baru. Karena Mungkin perlu ada perubahan khususnya tentang isi dari acara dalam MOS tersebut. Gimana caranya biar MOS tetep mendidik tapi pake cara yang unik dan tidak membosankan tapi mendidik. Berikut Cara-Cara Unik Yang Wajib Diterapkan Dalam Masa Orintasi Siswa Baru yang perlu diterapin di dalam MOS.

1. Bakti Sosial

Bakti Sosial adalah Cara-Cara Unik Yang Wajib Diterapkan Dalam Masa Orintasi Siswa Baru versi KoranSekolah.com yang pertama. Sebenarnya ide Bakti Sosial di MOS sudah di adopsi oleh negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Dan ide ini sukses memberi nilai pendidikan dan nilai positif bagi pengenalan lingkungan untuk siswa baru.

Dan yang terpenting adalah adanya pengawasan super ekstra dari para guru. Supaya ide dan acara bakti sosial ini tidak dijadikan sarana pemerasan dan ajang pamer dan hal negatif lainnya. Dengan penerapan Ide Bakti sosial ini, KoranSekolah.com yakin bahwa siswa baru akan betah dan nyaman serta memberikan nilai tambah pada sikap, empati dan simpati pada peserta didik baru. Kerwn bukan?

2. Memperkenalkan Orang-Orang Penting yang Ada di Sekolah

Memperkenalkan Orang-Orang Penting yang Ada di Sekolah adalah Cara-Cara Unik Yang Wajib Diterapkan Dalam Masa Orintasi Siswa Baru versi KoranSekolah.com yang kedua. Orang-orang penting yang KoranSekolah.com maksud bukanlah pejabat dan bla bla yang ada di sekolah. Tetapi lebih kepada orang penting yang selalu ada di sekolah di saat penting maupun tidak penting. Sebagai contoh, satpam sekolah atau petugas kebersihan sekolah. Mereka menurut KoranSekolah.com adalah orang-orang penting yang penting untuk diketahui dan dikenal secara dekat oleh peserta didik baru di saat MOS.

Pengenalan terhadap Mas-mas di tata usaha, ibu-ibu ramah yang ada di koperasi atau kakak-kakak cantik yang ada di kantin sekolah. Mereka adalah orang-orang penting yang mutlak untuk dikenal. Karena dalam beberapa kasus yang masuk dan pengalaman dari KoranSekolah.com, Murid dan siswa tidak mengenal mas-mas yang ada di Tata usaha. Siswa sering berlaku tidak sopan saat lewat di depan mereka. Mereka siswa sekolah malah justru tidka kenal dan cuek brengsek jika berhadapan atau ketemu dengan mas-mas Tata usaha meski di laingkungan sekolah sekalipun. Sekedar info saja, Sebenarnya mas-mas Tata Usaha lah yang berperan aktif terhadap siswa baik baru maupun lama. Merekalah yang menerima siswa di saat guru-guru menikmati libur panjang. Merekalah yang bergadang sampai pagi entri data siswa saat guru lain tertidur pulas di rumah masing. Jadi hal sangat penting untuk mengenal mereka, Termasuk satpam dan petugas kebersihan.

3. Goro dan Kerja Bakti Dalam Sekolah

Goro dan Kerja Bakti Dalam Sekolah adalah Cara-Cara Unik Yang Wajib Diterapkan Dalam Masa Orintasi Siswa Baru versi KoranSekolah.com yang ketiga. Selain bakti sosial yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Siswa baru baiknya juga punya andil besar di dalam lingkungan sekolah. Misalnya punya andil terhadap kebersihan lingkungan sekolah.

Manfaat dari goro dan kerja bakti ini selain membuat sekolah bersih dari noda. Juga bisa dijadikan ajang pengenalan denah dan lokasi sekolah bagi siswa baru. Keren kan??

4. Menggelar Bazar atau sejenisnya

Menggelar Bazar atau sejenisnya adalah Cara-Cara Unik Yang Wajib Diterapkan Dalam Masa Orintasi Siswa Baru versi KoranSekolah.com yang ke empat. Rasanya MOS atau Masa Orientasi Siswa Baru Tidak lengkap rasanya tanpa Menggelar Bazar atau sejenisnya. Karena dengan bazar dan sejenisnya dapat memancing kreatifitas para siswa baru untuk berinovasi, berkarya dan mengembangkan sifat alami berwiraswasta. Selain hasilnya nanti juga bisa menambah keuangan sekolah terutama keuangan OSIS dan koperasi siswa. Jadi siswa baru diajarkan mandiri dan belajar mandiri.

5. Datangkan Alumni Yang Telah Menjadi Orang Terkenal dan Sukses

Datangkan Alumni Yang Telah Menjadi Orang Terkenal dan Sukses adalah Cara-Cara Unik Yang Wajib Diterapkan Dalam Masa Orintasi Siswa Baru versi KoranSekolah.com yang ke lima. Mengundang alumni yang telah sukses bisa menginspirasi siswa baik baru atau lama agar lebih giat dan lebih bersemangat untuk meraih cita-cita.  Alumni bisa memberikan mentoring dan sharing trik dan tips sukses versi mereka. Misal sekolah A mendatangkan artis terkenal alumni sekolah A. Pasti siswa akan terinpirasi bukan?

6. Adakan Lomba

Mengadakan Lomba adalah Cara-Cara Unik Yang Wajib Diterapkan Dalam Masa Orintasi Siswa Baru versi KoranSekolah.com yang ke enam. Daripada membuat dan berjoget-joget tidak jelas dengan musik powerfull amburadul. Mendingan ngadain lomba cwrdas cermat atau apa gitu. Hemat dana dan lebih efisian dalam menghabiskan dana. So lebih berfaedah bukan?

7. Hemat Waktu dan Bisa Pulang Lebih Awal

Nah apapun acaranya... Jika bermanfaat dan seperti di atas Insya Allah lebih Hemat waktu dan bisa pulang lebih awal. Dan ajang pengenalan lingkungan sekolah jadi lebih bermanfaat. Nah itulah Cara-Cara Unik Bermanfaat Yang Wajib Diterapkan Dalam Masa Orientasi Siswa Baru versi KoranSekolah.com.  Jika kamu tertarik menjadi dan mengisi kolom Jurnalistik Pelajar di KoranSekolah.com silahkan daftar di form kontak yang ada di pojok atas ya. Dan jangan lupa komentar jika ada tambahan ide lainnya. Terimakasih telah berkunjung dan membaca, semoga bermanfaat. Salam KoranSekolah.com.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar