Skip to main content

follow us

Tujuh Media yang Digunakan Oleh Orang Indonesia Zaman Dulu untuk Menulis


Pernah terpikirkan tidak, Dahulu bangsa Indonesia pernah nulis? Pasti pernah, karena orang Indonesia dari dulu dikenal suka menukis. Lalu penasaran gak ya orang Indonesia zaman dulu nulis dimana?

Yuk di simak ulasan berikut ini, media-media yang digunakan oleh orang Indonesia zaman dulu untuk menulis. Apa saja? Ini dia :

1. Batu


Sebelum ditemukan kertas, media yang digunakan oleh orang Indonesia zaman dulu untuk menulis adalah batu. manusia pada zaman dahulu biasa menulis di atas batu. Banyak bukti sejarah yang bisa membuktikan ini yaitu ditemukannya prasasti yang ditulis di atas batu. Ada yang tau apa saja berapa banyak prasasti yang ada di Indonesia? Itu membuktikan bahwa orang Indonesia zaman dulu suka menulis. Salah satu medianya adalah batu. Keren kan.

2. Logam


Pada zaman dahulu, media yang digunakan oleh orang Indonesia zaman dulu untuk menulis adalah logam. Berbagai logam dipakai sebagai media untuk menulis. Adapun Beberapa logam yang biasa dijadikan media menulis orang Indonesia zaman dulu yang dipakai adalah perunggu, perak dan emas.

3. Kayu


Media yang digunakan oleh orang Indonesia zaman dulu untuk menulis selanjutnya adalah kayu. Dipakainya Kayu sebagai media untuk menulis dengan cara dipahat, Biasanya penulisan pada kayu dipakai untuk menandakan tempat tertentu seperti gedung ataupun rumah orang-orang penting.

4. Daun Lontar


Pada zaman dahulu media yang digunakan oleh orang Indonesia zaman dulu untuk menulis selanjutnya adalah daun lontar, daun lontar biasanya ditemukan dan dipakai untuk menulis oleh orang indonesia zaman dulu di daerah Jawa, Bali dan Lombok sebagai media untuk menulis, cara buat nulisnya juga gak sembarangan, caranya yaitu menggunakan alat yang bernama pengrupak.

5. Daun Nipah


media yang digunakan oleh orang Indonesia zaman dulu untuk menulis adalah daun nipah. Daun nipah memiliki ukuran yang lebih tipis dibandingkan dengan daun lontar, pohon nipah biasanya tumbuh di rawa-rawa. Cara menulisnya pun berbeda dengan cara menulis pada daun lontar, ketika menulis di atas daun nipah maka alat yang digunakan adalah tinta ataupun kuas.

6. Bambu

Media yang digunakan oleh orang Indonesia zaman dulu untuk menulis adalah Bambu. Penggunaan bambu sebagai media untuk menulis banyak ditemukan di daerah Sumatera atau zaman dulu lebih dikenal dengan pulau perca atau pulau paco, biasanya cara buat atau cara menulis di atas bambu yang sudah dibuat lembaran adalah dengan cara ditorehkan menggunakan benda tajam.

7. Dluwang


Media yang digunakan oleh orang Indonesia zaman dulu untuk menulis selanjutnya adalah Dluwang? Dluwang kurang familiar di telinga orang Indonesia. Nah dluwang ini adalah media untuk menulis yang menyerupai kertas. Dluwang sendiri terbuat dari pohon daun murbei yang sudah dipukuli dan akan menjadi seperti kertas yang menyerupai kayu. Dluwang biasanya dipakai oleh masyarakat Jawa tempo dulu.

Nah itulah beberapa media yang digunakan oleh orang Indonesia zaman dulu untuk menulis. Hayo mana nih menurut kamu media yang paling anti mainstreem buat nulis? Ada yang ingin mencobanya? Yuk tulis pendapatnya di kolom komentar. Jangan lupa buat Like dan Share artikel ini. Terimakasih telah berkunjung dan membaca. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar