Skip to main content

follow us

Cek Ini Sebelum Meninggalkan EMIS Online Semester Genap tahun pelajaran 2017/2018

Cek Ini Sebelum Meninggalkan EMIS Online Semester Genap 2017/2018. KoranSekolah.com - Seperti diketahui, Tahun Pelajaran berakhir dan segera dimulai. Pendataan Emis Online Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018 baru saja sudah dijalani beberapa bulan yang lalu dari mulai mengisi data dari awal sampai tuntas.

Namun pada kenyataanya juga masih ada yang belum tuntas bahkan belum disentuh sama sekali karena beberapa faktor dari masing - masing lembaga berbeda. Positifnya mungkin mereka lelah hehe.

Bagi Madrasah yang sudah mengisi atau sudah menuntaskan EMIS Semester Genap Tahun Pelajaran 2018 harusnya tidak dianjurkan untuk sepenuhnya meninggalkan aplikasi tanpa mengecek kembali data - data yang sudah diisikan dan di unggah (upload).

Karena seperti diketahui bersama aplikasi EMIS Online belum begitu FIX dan sempurna. 

Banyaknya lalu lintas data yang keluar masuk membuat website EMIS dan Aplikasinya kadang - kadang sulit untuk diakses.

Artinya bukan aplikasinya kurang bagus, namun aplikasinya lagi dalam masa penyempurnaan oleh TIM IT.

Dan yang paling berpengaruh besar adalah karena banyak akses di database tersebut. Boleh dikatakan ada ribuan operator yang berlomba untuk menuntaskan pekerjaannya dalam waktu bersamaan. Dan sedikit saran dari KoranSekolah.com adalah pemberian jatah waktu sesuai zona mungkin bisa mengurangi lag dan sibuknya server aplikasi Emis. (just personal opinion).

Kembali lagi pada topik ulasan KoranSekolah.com tentang hal yang harus dan sebaiknya dilakukan operator EMIS sebelum sepenuhnya meninggalkan aplikasi. Cek Ini Sebelum Meninggalkan EMIS Online Semester Genap 2017/2018 mungkin menjadi solusi mengurangi ketidak terbacaan dan ketikdak tersimpannya data yang telah di input atau file yang sudah di unggah. (Semoga rekan Operator paham dengan maksud kalimatnya ya hehehe).

Cek Ini Sebelum Meninggalkan EMIS Online Semester Genap tahun pelajaran 2017/2018 diantaranya adalah :

1. Menu Kelembagaan


Pada menu kelembagaan di web EMIS atau Aplikasi EMIS terdapat beberapa sub menu dan di mana pada sub menu tersebut tidak semua data yang mengalami perubahan dan hilang.

Tapi alangkah baiknya sekaligus untuk jaga-jaga. Lakukanlah pengecekan disemuanya. Baik Menu utama hingga sub menu. Agar semakin meyakinkan karena tidak semua madrasah punya  kasus dan permasalahannya sama.

Pengecekan ulang pun menjadi salah satu ciri bahwa Anda adalah Operator EMIS yang profesional dan bertanggung jawab serta teliti dalam melaksanakan tugas Negara yang satu ini. Yaitu Meng-EMIS. Hehe

Sebagai contoh yaitu pada sub menu dokumen perizinan dan sertifikat ISO dimana berkas yang sudah di unggah atau di upload tidak bisa dibuka dan harus melakukan unggah ulang.

Dan dibeberapa case atau kasus juga terjadi pada tanggalnya yang mengalami perubahan.

Tapi entah itu kesalahan admin atau berubah sendiri yang intinya harus dirubah dan dilakukan perbaikan kembali.

Jadi KoranSekolah.com menyarankan perlunya pengecekan kembali semua barangkali ada data yang salah ketika proses input berlangsung.

Karena suatu hal yang mungkin saja terjadi pada saat mengisi data terjadi kekeliruan penginputan. Banyak hal yang mempengaruhi ini bisa terjadi. Mungkin Dana Lembur belum cair, Uang makan atau transport belum bayar di muka. Atau Honor operator yang sangat minim di Dunia pendidikan berlabel Plat Merah.

Tapi yang pasti adalah rasa lelah yang sangat menjadi penyebab utama salahnya input data pada Aplikasi EMIS Online maupun Offline.

2. Menu Kesiswaan


Selanjutnya yang harus di cek adalah Menu Kesiswaan Sebelum Meninggalkan EMIS Online. Yang mana Pada menu kesiswaan umumnya banyak terjadi kesalahan.

Karena pada menu kesiswaan terutama pada sub menu siswa aktif yang harus diinput adalah data yang benar - benar valid sesuai dokumen yang dimiliki siswa tersebut yang bersangkutan.

Biasanya kesalahan yang sering terjadi adalah ketika input nama siswa, tempat lahir dan tanggal lahir.

Sedangkan Untuk nama siswa yang biasanya sering terjadi adalah kesalahan melakukan pengisian data atau penulisan data.

Sebagai contoh nama siswa Diansyah tertulis Diyansyah. Sedangkan untuk tempat lahir juga kadang salah.

Contoh kasus adalah kelahiran Koto Baru tapi terketik Dharmasraya. Dan untuk tanggal lahir kadang operator memasukkan bulan pada tanggal dan tanggal pada bulan.

Hal ini bisa saja terjadi karena banyak faktor seperti lelah yang amat sangat serta faktor lainya seperti yang diuraikan di atas.

Oleh karena itu pengecekan kembali sangat disarankan dan dianjurkan untuk dilakulan sebelum meninggalkan EMIS online.

Dan banyak lagi hal lainnya yang sangat mudah dan bisa saja terjadi di aplikasi EMIS Online mapun Offline. Sekali lagi Sebelum Meninggalkan EMIS Online. Cek Ini itu Sebelum Meninggalkan EMIS Online Semester Genap tahun pelajaran 2017/2018.

3. Menu PTK


Pada menu PTK sama halnya dengan menu kelembagaan dan menu kesiswaan, masalah yang dialami adalah pada berkas yang di aploud dan kesalahan pengisian data.

Maka dari itu untuk teman - teman operator madrasah tetap semangat untuk melihat kembali hasil kerjaan yang sudah dikerjakan agar nantinya tidak merepotkan dikemudian hari. Mumpung masih ada waktu sebelum di tutup. Maka gunakanlah sebaik mungkin.

Semoga artikel yang berjudul Cek Ini Sebelum Meninggalkan EMIS Online Semester Genap tahun pelajaran 2017/2018 dapat bermanfaat bagi pembaca terutama teman-teman sesama operator EMIS. Tetap semangat dan tetap berdoa agar dimudahkan, dilancarkan dan ditambahkan honor dan gaji. Amin.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar