Skip to main content

follow us

Ini Solusi Mudah Menghadapi Guru Killer di Sekolah

Ini Solusi Mudah Menghadapi Guru Killer. Musim tahun ajaran baru. Interaksi dengan teman-teman baru dan guru-guru baru. Di sekolah baru sebagai murid baru kamu pasti belum tahu karakter dan sifat guru-guru baru. Nah pada kenyataannya Dimanapun sekolahnya guru killer pasti akan ada. Karena setiap orang yang terlahir ke dunia ini memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda. Ada yang baik ada juga yang kejam tanpa alasan yang jelas. Kadang tidak selamanya bisa dimengerti. Nah sebagai sosok murid atau siswa. Mau tak mau harus merelakan bahwa mereka guru killer adalah sosok yang akan sering berinteraksi dengan kita. Nah apa saja solusi mudah menghadapi guru killer ini?

Berikut KoranSekolah.com ulas khusus buat Kamu yang sering stres menghadapai guru killer. Baca sampai selesai ya dan jangan lupa share.

Kenali Secara Mendalam Tipikal Guru, Termasuk Guru Killer


Ini adalah langkah pertama kali yang harus dilakukan. Kamu harus kenal dulu dengan pribadi guru-guru di sekolahmu tak terkecuali si GK alias Guru Killer supaya mudah menerapkan dan melaksanakan solusi yang lainya. 

Kenali sifat guru. Sebagai contoh ada guru yang paling tidak suka kotor, dan atribut tidak lengkap. Lakukan Sebisa mungkin sebelum guru yang bersangkutan masuk kelas kamu, bersihkan sampah yang ada di sekitar.

Kemudian cobalah mengecek kelengkapan atribut kalian. jika belum lengkap, jangan segan meminjam sementara atribut dari teman kelas kelas sebelah. Dan yang terakhir lakukanlah hal yang disukai guru tersebut. Bukan menjilat tapi setidaknya itu adalah solusi membuat guru tersebut nyaman di kelas kamu. Kalo guru itu nyaman maka cara mengajar mereka pun akan meningkat ke level 100 persen sempurna. Dengan demikian bisa dipastikan 10 dari 20 murid yang ada di kelas bisa menyerap materi yang disampaikan guru tersebut.

Bayangkan jika ada 10 teman kamu yang bisa menyerap materi, Kamu bisa lakukan penyerapan ulang materi dari mereka baik dengan cara belajar kelompok maupun personal training.

Jangan Membenci Guru, Termasuk Guru Killer


Walaupun susah untuk menerima kenyataan, tapi jangan pernah sampai untuk membenci guru termasuk guru killer.

Maksudnya begini, kalau kalian udah membenci sama guru termasuk Guru Killer terlebih dahulu. Walaupun kamu telah terapkan solosi nomer satu di atas dan sudah dieksekusi dengan berhasil, tapi semuanya solusi akan gagal total jika sifat benci telah ditanam duluan di hati terhadap guru killer. Logikanya Guru Killer meski dikenal dengan killer. Mereka nggak bakal membuat kalian celaka karena setiap guru yang ngajar memiliki dasar dan aturan yang jelas. Jika mereka guru killer melampaui batas bisa dipastikan SP 1 segera nyampe di tangan mereka.

Jadi kesimpulannya buat apa sih kalian benci sama guru killer? Apa Karena sifatnya? Dan perlu kamu ketahui Itu dilakukan pada dasarnya karena dia ingin anak didiknya jadi orang pinter. Dan tentunya dengan cara dia sendiri meski sedikit tidak bisa diterima untuk anak seumuran kalian. Tapi percayalah suatu saat kamu dewasa dan sukses maka kamu akan sadari bahwa apa yang diterapkan guru killer ada benarnya. Percaya deh!!

Terlihat pintarlah di depan Guru Killer


Guru killer umumnya paling tidak suka sama anak bodoh, sebenarnya kata anak bodoh di sini bukan bodoh beneran. Karena pada dasarnya tidak ada anak yang bodoh. Yang ada hanyalah anak malas, Nah inilah yang dimaksud bodoh oleh Guru Killer tersebut. So solusinya apa? Maka terlihatlah pintar di depan guru killer tersebut dengan cara belajar ulang dan membaca terlebih dahulu materi yang akan tayang hari ini.

Guru Killer adalah tipe guri yang akan sangat senang sekali jika ada yang terlihat berusaha di pelajarannya. Walau kadang kamu sudah diterangi berulang kali tapi masih kurang nyambung. Tapi, tetap saja, beberapa Guru Killer akan sabar mengajari kamu. Apalagi kalau kita pintar dipelajaran itu, segalak galaknya itu guru, kalau lihat anak pintar pasti beliau akan bangga. Nah akhirnya guru killer mau tak mau akan jatuh hati padamu. Apa sudah Siap untuk dijatuhi hati oleh guru killer?

Berlaku Sopanlah di Depan Guru killer!


Seorang Guru killer juga menyukai anak sopan, Apalagi, jika bertemu atau berpapasan, kalian harus menyapa.

Dan penyakit kronis banget bagi anak zaman sekarang. Kalau gak guru mereka, gak ngajar di kelas mereka, maka mereka merasa gengsi untuk menyapa.

Padahal jika diingat-ingat mereka para guru termasuk guru killer adalah orang yang paling berperan dalam kelangsungan proses PBM di sekolah. Selain para Tata usaha yang bertindak di belakang layar. Maka Guru Killer adalah aktor yang di depan layar.

Sebenarnya selain kurang suka pada anak malas namum sebenarnya Guru killer sangat suka dengan anak yang bagus tata kramanya. Maka hilangkanlah rasa benci dan kesal terhadap guru killer. Karena walau bagaimanapun beliau tetaplah Guru kita. Ibarat orangtua, Meski ngeyel tapi tetaplah sayang pada anaknya. Betul??

Bersikap Rajinlah di depan Guru Killer


Guru killer pada umumnya adalah guru yang suka nyuruh-nyuruh (meski gak semua). Ada saja yang akan jadi bahan titah dan perintah dari guru tersebut. Mulai dari hapus papan tulis, rapiin meja, rapiin pot bunga, ambilin tinta spidol sampai buku ulangan di kantor. Secara alami kalian pasti akan membatin.

Tapi tahukah kamu, saat titah dan perintah itu keluar kalian bisa ambil kesempatan itu sebagai kesempatan langka yang bisa digunakan untuk mengambil separuh dari hati yang dimiliki Guru Killer tersebut. Sebut saja, di saat itulah kamu bisa menjadi anak super rajin di mata beliau. (Dalam Tanda Kutip).

Guru killer akan merasa sangat terbantu dengan sikap kalian yang rajin. Meski hanya rajin bantu-bantu namun itu sangat berarti bagi mereka guru Killer. Bisa dipastikan nilai kerajinan kalian nambah 4 angka. Jika biasanya E maka akan langsung berubah jadi A+ dalam sekejap.

Guru Killer akan bersemangat untuk mengajar kamu, meski 1 sampai 3 kali diterangin kamu tetap saja belum bisa nangkep materi secara baik. Karena sifat rajin mu di atas, Hampir 99 persen guru killer akan simpati dan berempati terhadapmu.

Jangan Kritik Guru Killer di Depan Umum


Bukan berarti beliau Guru Killer Anti kritik. Tapi kamu juga harus pastikan kalau akan melakukan kritik tidak di depan umum. Artinya kamu harus tahu momen yang tepat untuk menyampaikannya. Sebagai murid dan calon penerus bangsa Indonesia, Menjadi kritis itu wajib. Tapi perlu diketahui menjadi seorang yang kritis juga harus punya attitude ya. Jangan sampai kritik malah menyinggung beliau sang Guru Killer dan malah akan berpengaruh pada nilaimu. Apa sudah siap tidak naik kelas karena nilai jeblok?

Selesaikan Tugas yang Diberikan Guru Killer Tepat Waktu


Selain solusi di atas, Kamu harus menyelesaikan tugas-tugas dengan tepat waktu Karena memang mengerjakan tugas adalah tugas kamu. Selain itu, guru killer akan suka karena kamu disiplin dalam menyelesaikan tugas.

Ubah Penilaian Negatif Menjadi Positif Tentang Guru Killer


Penilaian yang dimaksud ini adalah, jika orang-orang mengecap seorang guru adalah sosok killer, tapi kamu sebaliknya. Sedingin, segalak, semenakutkan apa pun seorang guru, kalo menganggap beliau sebagai guru yang baik dan asik, niscaya beliau pun akan begitu. Asal jangan terlalu berlebihan saja. Karena segala sesuatu yang berlebihan tetap tak enak. Ibarat Randang yang kebanyakan garam, Apa masih enak untuk dinikmati?

Apapun tipe gurunya, Mau Ramah, Mau Gehol, Mau lebay atau Guru Killer sekalipun. Tujuan mereka tetap sama yaitu Ingin mencerdaskan anak bangsa. Ingin muridnya pinter dan berprestasi. Cuma mungkin saja cara beliau ngajar sedikit mengerikan, tapi itu juga supaya muridnya belajar dengan benar.

Tapi by the way jika menaklukan pelajaran guru killer dijadikan chalengge atau tantangan gitu mungkin jauh lebih keren. Menaklukan bola basket aja kamu bisa, Masa Pelajaran guru killer saja gak mampu. Hayyooo? Bakal jadi cerita seru nantinya di saat kamu sukses. Mungkin cerita itu bisa menjadi motivasi sukses bagi anak-anak kalian kelak. Menaklukkan Pelajaran Guru Killer.

Jangan Cepat Tersinggung Karena Kelakuan Guru Killer!


Jangan mudah tersinggung dengan kelakuannya. Kalau guru killer lagi marah-marah nggak jelas, jangan ditanggapi atau jangan dimasukin ke hati. Kita tidak perlu tersinggung dengan perlakuannya. Maklumi saja! Emang sikapnya sudah begitu, mau diapain lagi! Kita cari cara saja untuk bisa tetap tenang dan enjoy menghadapinya, serta perlakukanlah guru tersebut dengan lemah lembut.

Beri Kejutan atau Pemberian yang Berkesan Kepada Gurun Killer


jika kita berusaha memberinya sedikit buah tangan atau hadiah, walaupun hanya dengan hadiah yang biasa-biasa aja. Aduuh, makin kesemsem deh pastinya guru killer tersebut. Nggak apa-apalah, kita senang kok, bisa bersahabat dengan guru killer tersebut.

Eits, memberi hadiah bukan karena mau menyuap lho, jangan su’uzhon (berprasangka jelek) dulu. Kita itu memberi hadiah untuk menjalin persaudaraan dan untuk mengikat hati, agar hati kita menyatu dan bersahabat dengan guru killer tersebut, kan nggak baik saling bermusuhan. Boleh kok, kita melakukan hal seperti itu. Nah sudah siapkan hadiah apa untuk guru killermu hari ini?

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar