Skip to main content

follow us

Ciri-ciri Orang Cerdas, Apakah Kamu Salah Satunya?

Apakah kamu termasuk orang cerdas? Banyak yang bertanya ciri-ciri atau tanda-tanda orang cerdas. Banyak hal yang mendukung kamu menjadi orang yang cerdas. Mulai dari prilaku, gaya hidup dan asupan gizi. Nah berikut KoranSekolah.com akan bahas secara marathon ciri-ciri orang cerdas. Apa saja ciri-ciri atau tanda-tanda orang cerdas tersebut? Yuk simak artikel di bawah ini selengkapnya seperti KoranSekolah.com sarikan dari National Geographic, Jangan lupa baca sampai habis dan share ya.

1. Memiliki Rasa Penasaran yang Tinggi.

Rasa penasaran adalah salah satu ciri bahwa kamu adalah orang yang cerdas. Apalagi rasa penasaran tersebut masuk dalam kategori rasa penasaran yang tinggi. Rasa penasaran yang merupakan salah satu ciri dari orang cerdas adalah rasa penasaran yang diiringi rasa ingintl tahu dan ingin memecahkan rasa penasaran tersebut.

Rasa penasaran akan timbul jika kamu aktif dalam melakukan dan berinteraksi dengan sssuatu. Rasa penasaran tidak akan muncul bagi kamu yang kebanyakan golek-golek di rumah sambil main game online. Penasaran menurut para ahli adalah sesuatu yang timbul dari sebuah interaksi langsung maupun tak langsung.

Nah jika kamu termasuk salah satu orang yang aktif dengan kegiatan positif di luar. Maka otomatis rasa penasaran yang tinggi ada sama kamu. Nah kesimpulannya kamu memiliki ciri-ciri orang cerdas yang pertama, memiliki rasa penasaran.

Termasuk memiliki rasa penasaran tinggi terhadap artikel, penulis dan siapa saja yang aktif di balik suksesnya KoranSekolah.com adalah salah satu ciri kamu memiliki ciri-ciri orang cerdas.

2. Kritis Terhadap Diri Sendiri

Setiap manusia pasti memiliki kelemahan masing-masing akan tetapi beberapa diantara mereka selalu menjadikan kelemahan itu sebuah dorongan bahkan suatu unggulannya. Hal ini terjadi karena mereka berani kritis pada dirinya sendiri serta memperbaiki kelemahannya masing-masing. Jika kamu merupakan siswa yang dulunya tidak suka dengan mata pelajaran matematika lalu kenapa sekarang menjadi seorang murid utusan olimpiade matematika.

Itu salah satu contoh yang KoranSekolah.com jabarkan buat kamu. Simpelnya begini, Mereka bisa kenapa kamu tidak bisa? Sebaiknya jangan tunggu orang lain atau guru sekalipun melontarkan kalimat seperti itu ke kamu. Lontarkanlah kalimat selerti itu terlebih dahulu pada dirimu sendiri sebelum orang lain melontarkannya padamu.

Jadi jika kamu telah belajar kritis pada diri sendiri, Itu tandanya kamu memiliki salah satu, atau satu lagi dari ciri-ciri orang cerdas. Yups jika menurut kamu dua poin di atas telah ada di diri kamu. Saatnya kamu memeriksa ciri orang cerdas yang ke tiga. Apa itu? Nah jika kamu kepo lagi, Selamat KoranSekolah.com mengucapkan bahwa kamu memang termasuk orang yang cerdas.

4. Punya Skill Kuat dalam Kontrol Diri

Mengontrol diri merupakan salah satu tanda-tanda bahwa kamu memiliki ciri-ciri orang cerdas karena karena dengan adanya skill Kuat dalam Kontrol Diri membuat kamu lebih focus terhadap hasil yang sempurna dibanding melakukan sesuatu dengan tergesa-gesa.

Seringkali Dalam mengontrol diri kamu akan memikirkan strategi-strategi dalam menyelesaikan sebuah masalah. Sebagai contoh kecil yang sering ada dilingkungan kamu adalah perihal ujian. Jika kamu termasuk dalam orang cerdas dengan ciri-ciri memiliki skill dalam kontrol diri maka kamu pasti akan menghabiskan seluruh waktu ujian yang diberikan demi hasil yang sempurna dwngan memeriksa ulang jawaban yang kamu tulis. Apa kamu sudah memilik ciri yang ketiga ini? Jika sudah kamu keren!

5. Kebanyakan introvert adalah orang yang cerdas

Orang yang tidak suka akan keramaian ini merupakan suatu tanda-tanda bahwa orang tersebut adalah yang jenius karena mereka tidak merasa bosan dengan kesendirian mereka selain itu mereka berbicara kepada diri sendiri hal ini diungkapkan dari British Journal of Psychology. Mereka yang sering pendiam dan jarang bergaul juga memiliki tingkat IQ yang tinggi karena karakter mereka sangatlah berbeda dengan orang-orang yang disekitarnya. Akan tetapi hal ini jangan dibawa larut karena tidak ada manusia yang tahan akan kesendirian, kita butuh yang namanya interaksi antar sesama.

Nah tantangan yang menarik adalah bisakah kamu seorang ekstrovert bisa menjadi seorang yang cerdas? Yap sekali lagi kamu ditantang tuk jadi orang cerdas dengan ciri yang pertama tadi. Memiliki rasa penasaran yang tinggi dan mampu menyelesaikannya.

6. Hafiz Alqur’an Adalah Salah Satu Ciri Orang Cerdas

Tahukah kamu berapa banyak ayat didalam Al Qur’an? Menurut kamu dengan tingkat kamu yang sekarang dapatkah kamu menghafal Al-Qur’an? Penulis sangat mengagumi hafiz-hafiz Al Qur’an karena selain menghafal  mereka dapat mengetahui segala aspek kehidupan ini, seperti contoh Al Qur’an mereka mengetahui dengan mudah tentang penciptaan alam dan manusia dan bahkan belum diungkapkan oleh peneliti-peneliti yang hebat pada saat ini.

Hampir Semua yang hafiz Al Qur’an pasti memiliki tingkat kecerdasan yang tertinggi, entah apa penyebabnya mereka selalu memiliki tingkat pengetahuan yang tinggi jika dibanding manusia lainya. Jawabanya adalah karena Al Qur'an adalah sumbernya ilmu pengetahuan. Banyak sekali ilmuan islam hebat jaman dulu yang berpatok pada Al Quran dalam mencari, menemukan dan menyelesaikan sesuatu.

Nah kesimpulannya jika kamu mau cerdas dan pintar pelajari Al Qur’an karena Al Qur’an akan membuat kamu cerdas dan meningkatkan proses berpikir anda, karena dengan membaca dan memahami isi kandungannya menjadikan kamu juga memikirkan tajwid-tajwid yang ada dan hal ini tidak akan ada dalam mata pelajaran sains.

Penulis yakin, selain cerdas Nabi Muhammad SAW juga bertambah kecerdasannya tentang aspek kehidupan karena beliau menguasai isi kandungan Al Qur'an. Tak ada yang membantah Rasulullah SAW merupakan nabi yang sangat cerdas. Semua penelitan yang ada pada saat ini telah beliau ungkapkan 1400 tahun yang lalu mulai dari era sekarang , beliau juga menceritakan kejadian besar yang akan datang seperti semua teknologi akan musnah. Tentunya musnah disini bukan berarti hilang akan tetapi tidak berfungsi karena adanya daya elekromagnetik yang kuat nantinya sehingga semua teknologi akan kembali ke masa Rasulullah SAW.

Ditulis oleh Nelvi Dhya Zuhaerina dari berbagai sumber. Nelvi Dhya Zuhaerina adalah salah satu murid pesantren di Kabupaten Solok. Ingin tulisan kamu juga dimuat di KoranSekolah.com? Yuk chat adminnya di 082285333898.

Demikianlah artikel yang membahas tentang Ciri-ciri orang Yang Cerdas, Apakah Kamu termasuk ke dalamnya. Tentu saja, Karena kecerdasan akan berkembang jika kamu ikut mengembangkannya. Yuk sama-sama cerdas dengan terus kepoin artikel di KoranSekolah.com dan jangan share untuk berbagi kecerdasan. Terima kasih Assalamualaikum

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar