Skip to main content

follow us

Prinsip/Teknik Menulis Berita yang Baik dan Benar di Media Online Seperti Blog, Website atau Media Sosial

Teknik Menulis Berita yang Baik dan Benar di Media Online  Seperti Blog, Website atau Media Sosial

Menulis berita online -- Media online bukan hal yang tabu lagi di zaman sekarang. Banyak hal yang didapatkan dari media online. Baik yang bersifat baik atau positif maupun yang bersifat buruk atau negatif.

Semua informasi tersebut didapatkan dari media online dan berita online yang berseliweran di timeline media sosial. Baik yang dishare dengan pertimbangan maupun yang dishare hanya dengan satu klik alias tanpa pertimbangan baik dan buruk sama sekali.

Nah lalu apa ide dasar KoranSekolah.com menulis artikel ini? Artikel dengan judul Teknik Menulis Berita yang Baik dan Benar di Media Online  Seperti Blog, Website atau Media Sosial didasari oleh begitu banyaknya media online baik itu berupa blog, website atau media sosial termasuk email dan lain sebagainya yang berseliweran setiap hari tanpa mengindahkan kaidah-kaidah kepenulisan yang umum dipakai di sunia kepenulisan dan Jurnalistik.

Menulis berita di media online memerlukan pengetahuan dan keterampilan tersendiri mengingat, sebagai media baru (new media), media online memiliki karakteristik yang berbeda dengan media "konvensional" seperti media cetak (Koran, Majalah dan sebaginya) dan elektronik (radio/televisi).

Pada umumnya Tampilan tulisan di media online harus diatur sedemikian rupa agar scannable. Artinya sebuah tulisan atau berita di media online ini bisa atau mudah dipindai oleh mata pembaca, sehingga enak dilihat, enak dibaca, dan mudah dipahami serta tidak membosankan.

Secara teknis umum Setidaknya ada kurang lebih lima kaidah atau prinsip dasar dalam teknik menulis di media online atau online writing. Mengabaikan beberapa kaidah atau teknik penulisan berita online ini bisa saja berisiko pada tulisan.

Tulisan yang ditulis tidak akan efektif. Kamu akan gagal berkomunikasi via media online karena tulisan sulit dibaca atau kasarnya menyiksa mata pengunjung atau pembaca (viewer).

Nah untuk itu ini dia beberapa kaidah atau tepatnya lima Teknik Menulis Berita yang Baik dan Benar di Media Online  Seperti Blog, Website atau Media Sosial termasuk menulis di email dan lain sebagainya.

1. Alinea/Paragraf Pendek


Pada umumnya tulisan atau berita online, termasuk di blog, agar lebih scannable sebaiknya menggunakan alinea (paragraf) pendek. Idealnya, satu alinea maksimal lima baris (five lines per paragraph). Contoh terbaik bisa disimak di situs berita BBC Indonesia.

2. Tidak Ada Indent


Coba simak situs-situs terkemuka, adakah indent? Lalu apakah itu yang dimaksud dengan indent? Indent adalah lekuk atau tekuk ke dalam di setiap paragraf.

Uniknya tulisan atau berita online tidak mengenal yang namanya indent, tekuk/lekuk ke dalam di awal alinea, seperti gaya naskah koran atau majalah.

Teknis penulisan berita online nomor dua ini boleh saja kamu abaikan, tapi jadinya "tidak lazim". Kenapa disebut tidak lazim? Sekali lagi, coba kamu simak berita online di situs-situs ternama. Apakah ditemukan indent di dalam naskah?

3. Perhatikan Jarak Antar-Alinea


Harus ada jarak pasti dan konstan antar-alinea, menyisakan ruang kosong atau ruang putih (white space) antar-alinea. Ini membuat naskah berita atau tulisan di media online mudah dipindai dan enak dibaca.

4. Hanya Ada Rata Kiri (Align Left)


Ini optional. Tapi jika menggunakan "align justify", maka tulisan Anda akan terkesan formal, serius, dan kaku.

Faktanya jarang sekali ada situs yang menggunakan "justify", mungkin justify ini hanya ditemukan pada situs instansi pemerintah yang kental nuansa dan suasana formal-birokratisnya saja yang menerapkan justify rata kiri kanan.

Rata kiri akan membuat naskah menjadi nyaman dibaca, scannable, dan banyak menyisakan ruang istirahat untuk mata kamu yang sedang bekerja menelaah isi kknten berita.

5. Banyaknya Ditemukan Highlight atau Sorotan Pada Kata


Akan lebih scannable dan enak dibaca jika tulisan online diberi tanda-tanda khusus pada bagian khusus, seperti ditebalkan (bold), dimiringkan (italic), diberi warna (color), atau di-block qoute. Ini akan menjadikan naskah online Anda "eye catching" --menarik perhatian mata user.

Sebenarnya masih banyak teknis, kaidah dan cara penulisan berita di media online. Seperti gambar, judul dan lain sebagainya. Lima Teknik Menulis Berita yang Baik dan Benar di Media Online  Seperti Blog, Website atau Media Sosial di atas hanyalah sebagian kecil.

Jika kamu tertarik mencobanya silahkan kirimkan tulisan kamu ke form kontak yang KoranSekolah.com sediakan di pojok atas.

Dan lima Teknik Menulis Berita yang Baik dan Benar di Media Online  Seperti Blog, Website atau Media Sosial ini juga bisa diterapkan pada penulisan status panjang di facebook, vk dan media online lainnya. Tertarik untuk mencobanya?

Lima prinsip dan Teknik Menulis Berita yang Baik dan Benar di Media Online  Seperti Blog, Website atau Media Sosial disarikan dari pengalaman kepenukisan dan banyak media, seperti BBC Indonesia, riset media, Wikipedia dan blog Romeltea dan pakar komunikasi.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar