Macam Gaya, Pengertian dan Jenis-Jenis Gaya

Macam Gaya, Pengertian dan Jenis-Jenis Gaya - Ada banyak macak gaya dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Gaya tersebut sangat berpengaruh besar terhadap sebuah perubahan. Nah apa saja pengertian gaya, macam dan contoh gaya tersebut? Simak ulasan tentang gaya di bawah ini samapi tuntas. 

Apa itu Gaya? 

Gaya adalah sesuatu benda yang ditarik atau didorong. Sifat dari Gaya tidak bisa dilihat tetapi bisa dirasakan. 

Hampir setiap hari Kita selalu melakukan gaya. Gaya sebenarnya ada berbagai macam jenis tapi gaya yang biasanya Kita lakukan adalah gaya dorongan dan gaya tarik. 

Contoh gaya dorongan adalah mendorong meja, membuka pintu, dan mendorong gerobak serta banyak lagi contoh gaya dorong yang biasa Kita lakukan sehari-hari. 

Sedangkan untuk contoh gaya tarik adalah menarik air di sumur, menutup pintu, mengibarkan bendera pada tiang bendera. 

Gaya bisa memindahkan sesuatu benda seperti saat Kita mendorong meja yang tadinya di dalam ruangan. Dengan melakukan Gaya Dorong pada benda tersebut. Yaitu dengan mendorong meja hingga meja sekarang berada di luar. 

Contoh lain yang disebabkan oleh gaya adalah pada saat Kita menendang bola yang tadinya di tengah lapangan kita tendang menjadi di pinggir.

Jenis-Jenis Gaya

Seperti yang disinggung di atas. Gaya mempunyai berbagai macam-macam dan jenis yang sangat banyak. Nah sekarang kita akan mengenal macam-macam gaya. Apa saja jenis atau macam gaya tersebut? 

Gaya Otot

Gaya otot adalah gaya yang menggunakan tenaga otot atau dihasilkan oleh gaya tarikan dan dorongan. Contoh gaya otot adalah mengangkat barbel atau mengangkat kursi dindalam kelas. 

Gaya Gesek

Gaya gesek adalah gaya yang terjadi di antara dua benda yang bergesekan. Gaya gesek ini bisa terjadi antara dua permukaan datar atau bukan.

Ciri khas dari gaya gesek adalah Gaya gesek dapat memperlambat gerak benda. Kenapa sih kok memperlambat gerak benda? Karena dua permukaan datar yang bergesekan. 

Gaya gesek juga dapat menimbulkan suara. Contoh gaya gesek pada saat kita mengerem mobil, mobil itu akan berhenti.

Pengertian Gaya Gesek

Gaya gesek adalah gaya yang terjadi krena gesekan antara dua permukaan datar. Semakin halus permukaan benda maka semakin kecil gaya gesek yang terjadi. 

Semakin kasar permukaan benda semakin besar gaya gesek yang terjadi. Contohnya jika kita mengerem mobil, sepeda, motor akan terjadi gesekan anara ban dan jalan.

Cara Memperbesar Gaya Gesek

Contoh cara memperbesar gaya gesek adalah dengan cara Membuat alur-alur pada ban mobil, sepeda, atau motor. Memasang pull pada sepatu sepak bola. Memasang karet di alas sepatu atau sandal

Contoh cara memperkecil gaya gesek adalah dengan cara memasang bantalan peluru. Memberi oli pada roda atau rantai sepeda atau motor.

Keuntungan dan Kerugian Gaya Gesek

Keuntungan gaya gesek adalah membantu kita bergerak tanpa tergelincir. Contoh, pada saat kita berjalan dilantai kita tidak tergelincir karena adanya gesekan yang timbul dari sepatu atau sandal.

Untuk menahan benda-benda agar tidak tergeser. Contoh kursi dan meja tidak tergeser karena adanya gaya gesek.

Berikut adalah kerugian gaya gesek

Menyebabkan aus. Contoh sandal atau sepatu dibagian bawahnya menjadi tipis karena adanya gaya gesek.

Menghambat gerakan. Contoh sepeda yang bergeselkan antara ban dan aspal membuat kita mengayuh pedal sepeda dengan tenaga yang besar

Gaya Gravitasi

Gaya gravitasi adalah gaya yang terjadi karena gravitasi bumi. Gaya gravitasi menyebab kan semua benda mengapung. Contoh gaya gravitasi adalah buah kelapa yang jatuh dari pohonya.

Gaya Pegas

Gaya pegas adalah gaya yang dihasilkan oleh sebuah pegas. Contoh gaya pegas pada saat kita bermain ketapel.

Gaya Magnet

Gaya magnet adalah gaya yang ditimbulkan oleh dorangan dan tarikan dari magnet. Contoh gaya magnet adalah pada saat kita mendekatkan magnet dengan besi magnet akan di dorong sehingga menempel dibesi itu. 

Benda yang tidak bisa menempel pada magnet contohnya almunium, kayu, plastik,dll

Pengertian Gaya Magnet dan Sifat-Sifat Magnet

Gaya magnet adalah gaya yang ditimbulkan oleh dorangan dan tarikan dari magnet. Magnet mempunyai bermacam-macam bentuk yaitu batang, silinder jarum, bentuk U, dan ladam atau tapal kuda. 

Sifat - Sifat Gaya Magnet

Selain bentuk magnet berikut adalah sifat-sifat magnet. Kutub magnet ada dua yaitu kutub utara (U) dan kutub selatan(S), Di kompas kutub utara disebut north(N), kutub selatan diganti dengan sourth(S). 

Apabila kedua kutub yang tidak senama (utara dan selatan) dihadapkan maka hasilnya tarik-menarik, sedangkan kutub yang senama (selatan dan selatan) atau (utara dan utara) dihadapkan hasilnya akan tolak-menolak. 

Jika semua magnet bergerak bebas, kedua kutub akan selalu menunjukan utara dan selatan.

Kekuatan yang dimiliki magnet adalah daya tarik yang dapat menembus suatu benda. Benda yang ditembus oleh magnet antara lain kertas, daun, kaca, kayu, dan banyak lagi yang lainnya. 

Magnet dapat menarik benda yang tebuat dari besi dan baja. Benda yang bisa ditarik oleh magnet seperti besi, baja, nikel, kobalt, 

Sedangkan benda yang dapat ditarik magnet adalah benda magnetis. Benda yang tidak bisa ditarik oleh magnet adalah almunium, kayu, kaca, karet. 

Sedangkan benda yang tidak dapat ditarik magnet adalah benda non magnetis.

Jenis Magnet 

Berdasarkan asalnya magnet dibedakan menjadi dua yaitu Magnet Alam dan Magnet Buatan. 

Magnet alam merupakan magnet yang terbentuk secara alami. Magnet alam ditemukan pertamakali di Asia yaitu Magnesia.

Magnet buatan, merupakan magnet yang dibuat oleh manusia. Magnet buatan dibedakan menjadi dua yaitu Magnet tetap dan tidak tetap. 

Magnet tidak tetap adalah magnet yang dibuat dari besi lunak dan sedangkan magnet tetap adalah magnet yang dibuat dari baja.

Magnet yang biasa kita gunakan adalah magnet buatan. Magnet buatan tebuat dari logam yaitu besi dan baja. 

Mengapa magnet buatan terbuat dari besi dan baja?

Magnet buatan terbuat dari besi atau baja karena besi dan baja terbuat dari feromagnetik.

Feromagnetik adalah merupakan bahan bahan yang kuat ditarik magnet. Magnet dari besi lebih mudah dibuat daripada magnet dari baja. 

Kenapa Magnet dari besi lebih mudah dibuat dari pada baja? 

Kenapa magnet dari besi lebih mudah dibuat dari pada baja? Karena magnet dari baja memiliki sifat kemagnetan yang lama, itu penyebab besi lebih mudah dibuat menjadi magnet daripada baja. 

Perbedaan Magnet yang terbuat dari Besi dan baja adalah :

Magnet besi

Sifat kemagnetanya mudah hilang, Molekul besi kurang rapat dan Besi lebih mudah dibuat magnet. 

Magnet baja

Sifat kemagnetannya lebih tahan lama, Molekul baja rapat dan keras. Baja lebih sulit dibuat magnet. 

Apa Saja Kegunaan Magnet? 

Magnet bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu digunakan pada kotak pensil, lemari es, dinamo, kompas. Magnet juga bisa digunakan pada alat untuk mengangkut benda-benda berat yang terbuat dari besi. 

Alat-alat tersebut dibuat dengan cara mengalirkan arus listrik. Arus listrik tersebut datang dari dinamo dan menghasilkan bedan magnet. 

Bagamana Cara Membuat Magnet? 

Magnet dibuat dengan tiga cara yaitu:

Cara Induksi, Membuat magnet dengan cara induksi adalah dengan cara menempelkan magnet ke benda magnetis yang akan disjadikan magnet, kita tempelkan secara berulang-ulang. Sifat kemagnetan ini hanya sementara saja.

Cara Gosokan, Cara gosokan adalah salah satu membuat magnet dengan cara menggosok-gosokan baja atau besi dengan kutub magnet. Sifat kemagnetannya juga sementara

Cara Aliran Listrik, Cara ini bisa juga disebut electromagnet. Sifat kemagnetannya hanya sementara seperti cara gosokan dan cara induksi. Jika aliran listrik terputus otomatis sifat kemagnetan besi atau baja akan hilang

Gaya Listrik

Gaya listrik adalah gaya yang dihasilkan oleh listrik contoh gaya listrik adalah pada saat kita menyalakan kipas angin, menyalakan lampu, menyalakan komputer dan lain sebagainya. 

Pengaruh Gaya

Benda dapat bergerak karna ada gaya yang timbul. Jika gaya tidak timbul maka benda tidak mungkin bergerak atau berubah kedudukkannya.

Gaya Mempengaruhi Gerak Benda. Gaya yang diberikan ke sebuah benda mengakibatkan berbagi perubahan contohnya diuraikan menjadi berikut. 

Benda diam menjadi bergerak karena ada gaya. Contohnya bola yang berhenti kita tendang menjadi bergerak.

Benda bergerak menjadi diam. Contohnya pada saat kita menggayuh pedal sepeda yang sepeda tadi bergerak di rem menjadi berhenti.

Benda bergerak menjadi berubah arah contohnya pada saat kita menaiki motor yang tadinya bergerak kita belokan menjadi berubah arah.

Gaya Dapat Mengubah Bentuk Benda. Gaya yang Kita lakukan juga mengubah bentuk benda. 

Contoh gaya yang dapat merubah bentuk benda adalah Almunium yang dibakar dan dipipihkan
Besi yang dibakar menjadi dipipihkan. Plastisin yang kita tekan akan berubah. 

Kesimpulan 

Nah itulah Macam Gaya, Pengertian dan Jenis-Jenis Gaya yang bisa kamu pelajari dengan seksama. Banyak sekali jenis gaya yang ada di bumi. 

Setiap gaya memiliki sifat dan keuntungan masing-masing. Tanpa adanya gaya maka tak akan ada perubahan dalam kehidupan di muka bumi. Nah selamat bergaya. 

No comments for "Macam Gaya, Pengertian dan Jenis-Jenis Gaya"

Mohon bantuan subcribe dan aktifkan tombol loncengnya untuk channel Adik ini ya! Terimakasih.

Berlangganan via Email