Widget HTML #1

Cara Membuat Judul, Lead, Ending, dan Alur Penulisan Berita

Cara Membuat Judul, Lead, Ending, dan Alur Penulisan Berita - Belajar membuat berita yang baik dan benar. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah memperhatikan bentuk dan susunan dari sebuah berita.

Dalam penulisan berita, ada judul, lead, ending dan alur yang harus ada dan diperhatikan.

Dalam membuat atau menyusun berita perlu diperhatikan beberapa hal di bawah ini agar berita yang anda susun menarik dan mudah dimengerti pembaca.

Membuat Judul Berita

judul berita
Ilustrasi Berita / Pixabay
Meski sejatinya judul berita memang bukan merupakan hal yang sangat penting dalam penulisan berita. Tapi tak bisa dipungkiri judul menjadi hal yang sangat vital dalam sebuah berita.

Sebelum membaca isi berita pembaca cenderung membaca judulnya lebih awal. Ketika judul tidak menarik, pembaca akan enggan untuk membaca isinya.

Tapi ada hal yang harus diingat adalah judul yang tidak tepat dan justru terkesan click bait sangat tidak baik pada nama baik sebuah situs berita.

Maka usahakan dalam membuat judul mudah dimengerti dengan sekali baca, juga menarik, sehingga mendorong pembaca mengetahui lebih lanjut isi berita.

Tapi judul yang menarik belum tentu benar dalam kaidah penulisan judul. Pada dasarnya judul seharusnya mencerminkan isi berita.

Jadi disamping mencerminkan isi dan menarik. Judul perlu kejelasan asosiatif setiap unsur subjek, objek dan keterangan.

Selain itu dalam menuliskan judul juga bisa menggunakan kalimat langsung, artinya mengutip langsung ungkapan dari narasumber.

Biasanya suatu pernyataan itu mengarah subjek yang melontarkan, untuk menjelaskan subjek (nama-nama narasumber atau sebuah kegiatan maka digunakan kickers (pra judul).

Atau jika tidak menggunakan kickers, penulisan judul dalam dua tanda petik.

Pembuatan Lead Berita

Mungkin ada yang bertanya apa itu lead dari sebuah berita? Lead adalah merupakan paragraf awal dalam tulisan berita yang berfungsi sebagai kail sebelum masuk pada uraian dalam tulisan berita.

Secara umum ada beberapa jenis lead yang bisa digunakan dalam menulis berita diantaranya,

1. Lead ringkasan

Biasanya dipakai dalam penulisan “Berita keras”. Yang ditulis inti beritanya saja, sedangkan interesting reader diserahkan kepada pembaca, lead ini digunakan karena adanya persoalan yang kuat dan menarik.

2. Lead bercerita

Ini digemari oleh penulis cerita fiksi karena dapat menarik dan membenamkan pembaca dengan alur yang mengasikkan. Tekniknya adalah membiarkan pembaca menjadi tokoh utama dalam cerita.

3. Lead pertanyaan

Lead ini efektif apabila berhasil menantang pengetahuan pemabaca dalam mengenal permasalah yang diangkat.

4. Lead Nyetuk

Lead yang menggunakan puisi, pantun, lagu atau yang lain. Tujuannya menarik pembaca agar menuntaskan cerita yang kita tawarkan. Gaya lead ini sangat khas dan ekstrim dalam bertingkah.

5. Lead Deskriptif

Menciptakan gambaran dalam pikiran pembaca tentang seorang tokoh atau suatu kejadian, Lead ini banyak digemari wartawan ketika menulis feature atau profil pribadi.

6. Lead Kutipan

Lead yang mengutip perkataan, statement, teori dari orang terkenal.

7. Lead Gabungan

Lead yang menggabungkan dua atau lebih macam lead yang sudah ada. Semisal lead kutipan digabung dengan lead deskriptif.

8. Lead Menuding Langsung

Biasanya melibatkan langsung pembaca secara pribadi, rasa ingin tahu mereka sebagai manusia diusik oleh penudingan lead oleh penulis.

9. Lead Penggoda

Mengelabui pembaca dengan acara bergurau. Tujuan utamanya menarik perhatian pembaca dan menuntunnya supaya pembaca habis cerita yang ditawarkan.

Pembuatan Ending Berita

Dalam penutup ending atau ending story, ada beberapa jenis:

1. Penyegar Berita

Penutup yang biasanya diakhiri kata-kata yang mengagetkan pembaca dan seolah-olah terlonjak

2. Klimaks Berita

Penutup ini ditemukan pada cerita yang ditulis secara kronologis.

3. Tidak Ada Penyelesaian Berita

Penulis mengakhiri cerita dengan memberikan sebuah pertanyaan pokok yang tak terjawab.

Jawaban diserahkan pada pembaca untuk membuat solusi atau tanggapan tentang permasalahan yang ada.

Alur Penulisan Berita

Anda pernah atau sering membaca sebuah tulisan, tapi setelah selesai Anda tidak tahu apa yang dikatakan dan yang dimaksud oleh penulis dalam tulisan tersebut? 

Dalam kasus ini, sebagai penulis ia gagal menyampaikan ide/pikiran pada pembaca. Ada dua kemungkinan kenapa pembaca tidak memahami tulisan tersebut:

Pertama bahasa yang digunakan penulis. Kedua, alur tulisan yang tidak terarah.

Jika yang terjadi adalah faktor kedua maka penulis telah melakukan kesalahan yang sangat fatal.

Ada beberapa hal yang dapat dijadikan acuan:

  • Sebab- akibat
  • Akibat- sebab
  • Diskriptif-kronologis

Kesimpulan

Itulah proses pembuatan berita mulai dari judul, lead, ending dan alur penulisan berita yang baik dan benar.

Berita yang baik dan sesuai dengan kaidah jurnalistik adalah berita yang ide atau pikirannya tersampaikan dengan baik kepada pembacanya.

Afriant Ishaq
Afriant Ishaq A male blogger who is afraid of heights and always faints when sees blood. But once active as an HIV AIDS counselor, and an announcer on a radio.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Judul, Lead, Ending, dan Alur Penulisan Berita"