Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

5 Tips Sederhana Meningkatkan Engagement Media Sosial Kampanye Politik Online

Engagement Media Sosial

Meningkatkan Engagement
- Bicara mengenai media sosial, tentu ada pro dan kontra. Ada yang menyatakan bahwa media sosial adalah kemajuan teknologi digital yang memiliki segudang manfaat. Di sisi lain, tidak sedikit juga orang yang menyebutkan bahwa media sosial adalah cikal bakal masalah yang kerapkali muncul saat sekarang ini.

Terlepas dari pro dan kontra yang berlaku di masyarakat. Tidak dipungkiri media sosial adalah salah satu dari sekian banyak produk hasil kemajuan teknologi. Selanjutnya bagaimana kita memanfaatkan produk hasil kemajuan teknologi tersebut. Apakah untuk kebaikan atau justru untuk keburukan.

Faktanya banyak orang terbukti sukses dengan promosi di media sosial yang mereka miliki. Bahkan cara ini diadopsi oleh publik figur dan politikus untuk mempromosikan diri mereka. Mereka menggunakan engagement di media sosial termasuk komentar, ulasan dan jasa yang melibatkan keaktifan seseorang berkomentar di media sosial.

Cara Meningkatkan Engagement

Agar media sosial menjadi hal yang memberi imbas positif. Ada beberapa tips meningkatkan engagement yang harus dilakukan agar Anda lebih dikenal positif di media sosial. Apa saja, yuk simak ulasan berikut ini.

Postingan Bermanfaat

Membuat status di media sosial tentu bisa sesuka hati. Akan lain halnya jika Anda memiliki goals tertentu. Baik itu dalam jangka pendek ataupun jangka panjang. Postingan yang bermanfaat bisa saja sangat berguna di masa depan termasuk dalam karir Anda. Terutama bagi Anda yang ingin berkecimpung di dunia politik tanah air.

Umumnya postingan yang bermanfaat akan mengundang banyak keterlibatan audiens yang notabene juga target kampanye politik online Anda di masa datang. Semakin bermanfaat postingan yang dibuat semakin tinggi engagement yang dihasilkan. Semakin tinggi keterlibatan semakin tinggi peluang Anda untuk dikenal lebih baik ke depannya.

Jaga Etika Bersosial Media

Siapa bilang menjaga etika hanya dilakukan di kehidupan nyata? Faktanya menjaga etika juga penting di dunia maya termasuk di dalamnya media sosial. Ada  beberapa bagian yang harus Anda jaga secara seksama dan perhatikan. Agar Anda tidak terjebak dalam ranjau berbahaya media sosial.

Tidak terhitung lagi banyaknya figur publik yang mendapat lencana tidak beretika ketika mengomentari atau membahas suatu topik. Meski apa yang disampaikan benar, tapi karena etika penulisan kurang tepat. Boro-boro mendapatkan respon yang bagus dari netizen, postingan mereka justru diserang keganasan warga maya. Tidak jarang drama tersebut berakhir saling lapor dan klarifikasi sana sini.

Aktif

Aktif yang saya maksud di sini adalah aktif dan ikut terlibat. Mulai dari postingan yang ditulis hingga komentar yang masuk. Sebisa mungkin, sempatkan waktu untuk menanggapi dan membalas komentar yang muncul di kolom komentar media sosial Anda. Ini penting agar target audiens merasa dihargai dan diprioritaskan.

Media Visual

Jangan lupa untuk menambahkan gambar dan media visual dalam postingan Anda. Buatlah media visual semenarik mungkin agar target audiens Anda tergerak untuk terlibat di konten yang Anda buat. Semakin menarik media visual yang Anda buat semakin banyak keterlibatan yang diinginkan ada di media sosial Anda.

Fokus

Fokus pada satu topik juga menjadi bagian tips yang harus Anda lakukan agar engagement di media sosial Anda meningkat. Misalnya goals Anda adalah untuk personal branding di dunia politik pada masa mendatang. Maka fokuslah dengan visi dan misi yang telah Anda rancang. Matangkan pengetahuan, edukasi dan diskusi di media sosial agar Anda bisa memantapkan diri dalam kampanye politik online yang bisa saja sangat masif nantinya.

Dengan fokus pada satu topik, membuat Anda lebih dikenal sebagai sosok yang serius dengan visi dan misi yang telah Anda godok. Selain itu, fokus ini juga membantu Anda untuk mendapatkan ide-ide baru, kritikan dan masukan yang berguna dari engagement yang muncul.

Itulah tips sederhana meningkatkan engagement di media sosial yang bisa Anda coba. Anda juga bisa memanfaatkan layanan yang ditawarkan oleh RajaKomen untuk meningkatkan engagemet media sosial yang Anda miliki. Jangan takut, layanan yang diberikan RajaKomen real human alias komentar berasal dari manusia asli bukan bot.
Afriant Ishaq A male blogger who is afraid of heights and always faints when he sees blood. But once active as an HIV AIDS counselor, and an announcer on a radio.

Post a Comment for "5 Tips Sederhana Meningkatkan Engagement Media Sosial Kampanye Politik Online"

Mohon bantuan subcribe dan aktifkan tombol loncengnya untuk channel Adik ini ya! Terimakasih.