Widget HTML #1

Cara Efektif Meningkatkan Kesadaran Diri Dalam Sebuah Komunikasi

Cara Efektif Meningkatkan Kesadaran Diri Dalam Sebuah Komunikasi

Pernah mendengar kata Human Awareness?Apa itu Human Awareness? Yaps benar sekali, Human Awareness adalah component penting dalam sebuah komunikasi. Baik komunikasi personal maupun komunikasi publik. Nah kali ini KoranSekolah.com akan membahas apa itu Human Awareness dan Cara Efektif Meningkatkan Kesadaran Diri Dalam Komunikasi. Apa saja komponen penting dalam sebuah komunikasi dan kesadaran dalam komunikasi seperti dilansir dari Pakar Komunikasi.

Sebelum membahas Cara Efektif Meningkatkan Kesadaran Diri Dalam Komunikasi, Mari ketahui dulu apa itu Human Awareness? Human awareness atau kesadaran manusia merupakan softskill yang dibutuhkan oleh setiap manusia pada masa kini dan masa mendatang. Human Awareness sangatlah mirip dengan Self Awareness.

Lalu apalagi yang dimaksud dengan Self Awareness? Self Awarness sendiri adalah kemampuan kita untuk mengetahui sejauh mana diri kita mengenal Pribadi kita sendiri. Salah satu cara mengenal Pribadi diri kita sendiri adalah dengan memahami bagaimana sebenarnya konsep Pribadi diri Kita sendiri. Semakin banyak kita memahami apa yang kita lakukan, maka kita akan semakin memahami siapa diri kita sendiri.

Kesadaran diri adalah sebuah proses mengenali keputusan dan interaksi kita dengan orang lain, motivasi, pilihan dan kepribadian kita lalu menyadari pengaruh faktor-faktor tersebut atas penilaian. Kesadar diri ini juga memiliki posisi yang penting dalam komunikasi sebagai bagian dari kehidupan manusia dalam social bermasyarakat.

Tentunya hal ini menjadi bagian penting dalam pola dan sistem komunikasi. Sehingga perpaduan antara kesadaran diri dalam komunikasi akan dapat menghasilkan komunikai yang tidak hanya efektif tapi juga efisien dan juga mudah dimengerti dalam manfaat komunikasi dua arah.

Namun, pada penerapannya di lapangan tidak semua orang memiliki kesadaran diri yang baik, sehingga terkadang menyebabkan komunikasi dapat menemui konflik. Pada akhirnya hal tersebut dapat menimbulkan perpecahan dan juga dan juga pertikaiaan. Parah bukan? Nah oleh karena itulah Kita wajib menerapkan Cara Efektif Meningkatkan Kesadaran Diri Dalam Sebuah Komunikasi

Inilah yang kemudian menjadikan kesadaran diri amat penting nilai dan keberadaannya dalam komunikasi. Tentunya hal ini menjadikan upaya untuk meningkatkan kesadaran dalam komunikasi menjadi amat penting, hal tersebut dapat diperoleh dengan memahami Cara Efektif Meningkatkan Kesadaran Diri Dalam Sebuah Komunikasi, Apa saja ? Berikut ulasannya untuk anda.

1. Bersikap Terbuka

Bersikap terbuka adalah cara pintas untuk mengetahui semua informasi, tingkah laku, kelakuan, perasaan, keinginan, motivasi, dan ide yang anda dan orang lain ketahui. Keterbukaan diri berubah-ubah pada ukurannya. Tergantung situasi dimana anda berada dan dengan siapa anda berinteraksi.

Komunikasi didasarkan pada tingkatan dimana anda membuka diri untuk orang lain dan diri kita sendiri. Keterbukaan diri sangat mempengaruhi tingkat kepercayan diri seseorang, semakin seseorang mengenali dirinya sendiri maka semakin dirinya yakin bahwa dirinya bisa dan mampu untuk melakukan sesuatu yang besar dalam cara meningkatkan komunikasi interpersonal .

2. Mengutamakan Kebenaran

Mengambarkan Kebenaran tentang diri anda sendiri yang bahkan diri anda sendiri dan orang lain tidak tahu. Contoh, jika anda sebagai pemimpin di sebuah organisasi, anda mengambil keputusan yang salah walaupun data probabilitas sudah sangat jelas, dan juga anggota anda tidak ada yang memberi saran atau masukan, sehingga gagal lah sebuah tujuan dalam organisasi tersebut. Nah di sinilah peranan mengutamakan kebenaran. Janganlah memberikan sebuah komunikasi yang hanya menuruti kebenaran sendiri.

3. Minta Orang lain untuk menilai

Cara ini dilakukan untuk mengintropeksi diri, karena segala sesuatu harus di evaluasi. Dengan cara ini kita semakin mengetahui apa kelehaman dan kekuatan didalam diri kita. semua informasi tentang dirimu yang orang lain ketahui, dimana kamu sendiri justru tidak mengetahuinya. Contohnya kebiasaan mengedipkan mata kepada lawan bicara anda, menggosok-gosokan hidung ketika anda panic, dan lain-lain.

4. Percaya Diri

Percaya diri adalah Cara Efektif Meningkatkan Kesadaran Diri Dalam Sebuah Komunikasi selanjutnya. Dengan cara ini, kita akan semakin percaya diri dalam menghadapi sesuatu. Karena dengan keterbukaan diri, banyak orang akan senang terhadap anda.

Orang yang yang tidak percaya diri memiliki konsep diri yang negatif, kurang percaya pada kemampuannya, karena itu dia sering menutup diri. Keterbukaan diri yang dimulai perlahan, sedikit demi sedikit untuk mengenali Pribadi diri sendiri dapat meningkatkan kesadaran diri sebagaimana pengaruh komunikasi dalam budaya.

5. Pahami Nilai Sebuah Keberagaman

Pahami Nilai Sebuah Keberagaman adalah Cara Efektif Meningkatkan Kesadaran Diri Dalam Sebuah Komunikasi. Dalam upaya meningkatkan kesadaran diri sangat penting untuk meningkatkan pemahaman akan nilai keberagaman. Sehingga dengan begitu maka tentunya setiap orang akan dapat memahami dan menyadari baik kelebihan dan kekurangan masing masing.

Perlu juga ditegaskan bahwa dengan memahami nilai keberagaman maka tentu akan dapat meningkatkan kesadaran terhadap nialai perbedaan. Selain itu, hal yang paling utama adalah hal ini dapat menjadi nilai tambah yang positif terhadap upaya meningkatkan kesadaran pribadi dan kualitas seseorang.

6. Bangun Hubungan

Bangun Hubungan adalah Cara Efektif Meningkatkan Kesadaran Diri Dalam Sebuah Komunikasi selanjutnya. Koneksi atau hubungan menjadi hal yang mutlak dan sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat. Sebab dengan adanya koneksi dan hubungan yang terjalin dengan maka kita akan lebih mudah menjalin komunikasi selain itu juga dengan hal tersebut maka pergaulan akan menjadi semakin luas. Dengan demikian maka akan lebih mudah dalam menjalin kekerabatan dan koneksi sehingga hal ini merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran diri pribadi.

7. Perbanyak Mendengar

Karena dengan mendengarkan pendapat orang lain, kita bisa melihat diri kita dari sisi yang berbeda. Mendengar merupakan hal yang paling dapat meningkatkan upaya peningkatan kesadaran dalam berkomunikasi dalam komunikasi dua arah.

8. Bersikap Pro Aktif

Sama halnya dengan mendengarkan orang lain, cara ini lebih luas lagi karena sasarannya mungkin orang-orang yang baru anda kenali, dan mereka bisa meniliai anda dengan tepat. Sikap pro aktof dapat menjadikan komunikasi dapat berlangsung dengan lebih efektif dan efisien.

9. Junjung Tinggi Etika dan Norma Kesopanan

Junjung Tinggi Etika dan Norma Kesopanan adalah Cara Efektif Meningkatkan Kesadaran Diri Dalam Sebuah Komunikasi berikutnya. Sebagai negara dengan adat dan budaya ketimuran tentu nilai kesopanan dan tata krama amatlah dijunjung tinggi. Terlebih lagi bagi sebagian msyarakat Indonesia hal tersebut menjadi nilai yang mutlak harus dimiliki.

Oleh karena itu dalam upaya meningkatkan kesadaran dalam komunikasi maka meningkatkan nilai etika dan ksesopanan dalam komunikasi menjadi hal yang amat penting. Hal itu juga menjadi salah satu standar penilaian orang lain terhadap diri dan pribadi kita seperti dalam cara mempengaruhi orang lain dalam komunikasi .

10. Hindari Konflik

Jangan menganggap bahwa kurangnya kesadaran dalam komunikasi merupakan masalah yang sepele, justru hal tersebut dapat berimbas kepada munculnya konflik yang dapat memicu perpecahan dan pertikaian. Sudah banyak hal yang demikian terjadi, dimana kurangnya nilai kesadaran akan menyebabkan timbulnya konflik. Sehingga sebisa mungkin biasakan untuk menjauhi ranah konflik.

11. Hindari Perdebatan

Dalam komunikasi perdebatan merupakan hal yang sudah wajar terjadi, namun tentunya hal ini sebaiknya dihindari. Sebab akibatnya dapat menimbulkan dampak komunikasi yang terjadi menjadi tidak efektif. Pada akhirnya hal ini akan menjadikan komunikasi terjadi tidak sesuai harapan. Sehingga dalam upaya meningktakan kesadaran dalam berkomunikasi maka sebaiknya hindari perdebatan yang akan dapat berujung pada konflik.

12. Evaluasi Diri

Evaluasi diri merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan dalam upaya meningkatkan kesadaran dalam komunikasi. Terlebih lagi hal tersebut merupakan sesuatu yang dapat memberikan nilai positif. Sebab evaluasi diri merupakan hal yang dapat menjadikan seseorang mengetahui hal yang harus ia perbaiki. Sehingga akan memberikan nilai positif dan perbaikan pada peningkatan kesadaran diri pribadi sebagaimana cara menyelesaikan konflik dalam komunikasi.

Demikianlah tadi Cara Efektif Meningkatkan Kesadaran Diri Dalam Sebuah Komunikasi. semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca KoranSekolah.com. Artikel disarikan Seutuhnya dari Romeltea dan Pakar Komunikasi. (sumber bacaan)

Posting Komentar untuk "Cara Efektif Meningkatkan Kesadaran Diri Dalam Sebuah Komunikasi"