Widget HTML #1

Wajib Cek Bagian Ini Agar Motor Matic Kesayangan Berada Dikondisi Terbaik

oli motor matic
Pagi-pagi jam enam udah berangkat kerja, full day hingga kelar jam 4 sore. Sibuk? ya tentu sangat sibuk. Hari ke hari kegiatan selalu seperti itu. 30 hari dalam sebulan hehe. 

Kadang-kadang pagi sebelum berangkat kerja sempat ngecek kondisi motor matic kesayangan. Kadang ga sempat langsung gas aja tanpa dipanasin dulu. 

Akibat kebiasaan tersebut, tak heran beberapa kali motor kesayangan sering mengalami masalah saat dalam perjalanan. Mogok begitu saja tanpa aba-aba. Kadang cuma batuk sebentar lalu mati ga bisa nyala. Keselkan? 

Teman-teman pernah ngalamin yang seperti saya alami? Jika jawabannya pernah. Yuk kita ngumpul nyari tahu kalau ternyata motor matic kesayangan itu juga perlu diperhatikan. 

Bagian motor matic yang wajib diperhatikan

Alat motor matic
Setelah sempat mengalami beberapa kali masalah di perjalanan. Saya sendiri memutuskan untuk mencari tahu apa saja bagian motor matic yang harus dicek secara berkala. 

Ban motor

Setiap motor matic memiliki spesifikasi dan ukuran tersendiri jika dibandingkan dengan motor konvensional atau motor gigi. Mulai dari ukuran, merek hingga daya tahan ban. 

Oleh karena itu perlu melakukan pengecekan rutin terhadap ban yang digunakan. Bahkan sebelum menggunakan motor, sangat dianjurkan untuk mengecek kondisi ban motor. 

Saat servis pun, mekanik akan fokus mengecek kondisi ban, apakah kondisinya udah botak atau masih bagus. Hingga tekanan standar angin ban juga akan dicek secara mendalam. 

Aki motor

Seperti kejadian yang saya alami di atas. Motor mendadak mati atau ga mau hidup. Nah di sinilah pentingnya melakukan pengecekan terhadap sumber api atau kelistrikan dari motor yang akan digunakan. 

Standarnya tegangan pada aki berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt. 

Jika tegangan tidak sesuai inilah yang menyebabkan motor sulit atau tidak bisa dinyalakan. Ada beberapa penyebab aki tidak layak digunakan. Habis masa pakai atau beberapa komponen aki sudah mulai rusak dan berkarat. 

Busi motor

Berfungsi sebagai sumber pengapian yang merubah aliran listrik menjadi percikan api sehingga motor bisa nyala. Jika komponen ini bermasalah maka motor tidak akan bisa dinyalakan. 

Oli mesin

Oli mesin bertugas sebagai pelindung mesin, pelumas, dan sekaligus sebagai pendingin. Itulah kenapa motor dianjurkan rutin untuk mengganti oli mesin. 

Patokan yang umum digunakan dalam penggantian oli mesin adalah jarak tempuh. Rata-rata pabrikan merekomendasikan penggantian oli mesin matic di jarak tempuh 2500 Km. 

Tak perlu khawatir, biasanya penggantian oli mesin hanya dikenakan untuk pembelian dan jasa ganti oli saja. 

Menariknya beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan/retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km/2x lebih lama dari oli konvensional. 

Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi ester. 

Jadi, wajar sih kalo retailer ini mengklaim penggunaan bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli. 

Oli gardan

selain oli mesin, oli yang harus diperhatikan juga dan harus sering diganti adalah oli gardan. Pada motor matic fungsi oli gardan adalah sebagai pelumas gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). 

Saran yang dianjurkan oleh mekanik untuk waktu penggantian oli gardan menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

Saringan udara

Saringan udara atau filter udara yang berfungsi untuk melindungi sistem injeksi dan karburator dari kotoran. Kotoran yang masuk berpotensi menyumbat dua bagian penting motor matic tadi. 

Sebelum memutuskan mengganti, mekanik akan mengecek kondisi filter udara apakah masih bagus atau tidak. 

Tune up rutin

Tune up atau service motor tune up adalah servis menyeluruh komponen penting motor. Pemeriksaan ini difokuskan kepada komponen penting yang berpengaruh pada performa motor secara keseluruhan. 

Umumnya pemeriksaan diprioritaskan pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson. 

Tak terkecuali dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Biasanya mekanik akan menginformasikannya terlebih dahulu kepada pemilik motor. Kalau pemilik setuju, baru mekanik melakukan perbaikan.

Bengkel servis terbaik untuk motor

Untuk mendapatkan performa terbaik untuk motor kesayangan, tentu perlu melakukan survei pada bengkel servis mana yang memberikan pelayanan terbaik. 

Salah memilih tempat servis motor, bisa-bisa bukannya makin bagus eh malah makin rusak. Ini dikarenakan servis yang dilakukan hanya setengah-setengah. 

Planet Ban adalah bengkel servis motor terbaik yang bisa dicoba. Planet Ban dengan jargon servis mesin rasa baru tak hanya sekedar slogan. Namun benar-benar sesuai itu loh. 

Tujuan melakukan jenis servis rasa baru ini untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. 

Servis yang dilakukan difokuskan pada pemeriksaan dan perbaikan bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin.

Selain itu, ada beberapa manfaat lain yang didapat saat servis di Planet Ban diantaranya adalah Servis di Planet Ban menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. 

Sehingga ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga kamu tidak perlu sering-sering lagi ke bengkel untuk ganti oli. Ditambah keunggulan lainnya yaitu biaya servis di Planet Ban juga lebih hemat.

Apa perbedaan servis motor di Planet Ban dengan di tempat lain.

Seperti yang pernah saya alami, servis motor di tempat lain, biasanya jarang sekali membantu membersihkan kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. 

Bahkan sering pula beberapa tempat servis motor ditemukan lupa membersihkan kotoran dan debu di blok CVT yang berakibat motor jadi terasa berat.

Beda dengan service motor rutin di Planet Ban, hampir seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. 

Bahkan bagian tersembunyi seperti kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru. 

Hasilnya tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total. Itulah mengapa saya menyebutkan kalau servis rutin motor di Planet Ban bikin motor seperti punya mesin baru. 

Planet Ban menawarkan harga terjangkau untuk servis selengkap itu. Harga yang dipatok Planet Ban untuk servis motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,-

Nah demikianlah cerita saya tentang motor matic kesayangan. Saya jadi tahu bagian mana aja yang harus diperhatikan agar performa motor matic berada di kondisi terbaik dan dimana tempat servis motor terbaik. Planet Ban solusinya, tempat servis motor rasa baru. 
Afriant Ishaq
Afriant Ishaq A male blogger who is afraid of heights and always faints when sees blood. But once active as an HIV AIDS counselor, and an announcer on a radio.

5 komentar untuk "Wajib Cek Bagian Ini Agar Motor Matic Kesayangan Berada Dikondisi Terbaik"

Comment Author Avatar
Sering lupa ganti oli motor. Karena tau nya cuma maki. Untung paksu cekatan dan servisnya di tempat yang benar.
Comment Author Avatar
Hahahaha pantes aja motorku sering mogok ternyata penyebabnya ini. Servis di tempat yang salah. Kek hatiku. Cek nya juga ga rutin.
Comment Author Avatar
Paling sering kelupaan cek oli gardan karena perbandingan 31 tadi kali ya.
Comment Author Avatar
Memeriksa kondisi ban mobil wajib saya lakukan karena setiap minggunya harus menempuh 6 jam perjalanan, jika mau motormu awet rajin cek kondisinya ya gaes.
Comment Author Avatar
Memeriksa kondisi ban dan oli wajib saya lakukan karena setiap minggunya harus menempuh 6 jam perjalanan. Jika mau motormu awet, rajin cek kondisinya ya gaes.